Rabu, 13 November 2013

Great Holiday - Bali, Lombok, Gilis (Part 2)

Dear My Lovely Readers,

Sorrryyyyy,, telat banget ngepost part 2 nya, kepending gara-gara banyak tugas dan jaringan tak bersahabat.

Udah baca Part 1 belom?? Kalo belum, buruuan dibaca yah, entar kaga nyambung lohh.. hheu..
Klo belum, monggo dibaca disini: Great Holiday - Bali, Lombok, Gilis (Part 1)

Gue lanjut ya ceritanyaa..
D-day nya, tanggal 29 Januari 2013 sore jam 4 waktu Balikpapan, gue udah siap-siap buat cuss ke Bandara International Sepinggan, karena disana ternyata abang udah nungguin. Dengan diantar mama tercinta, sampai lah di depan pintu keberangkatan domestik Bandara Sepinggan, dan ternyata disana terlihat sosok pria tinggi berkacamata sedang menanti adik tercantiknya. *hahaha di catuk orang sekampung*
Gue dan abang langsung buru-buru pamit sama mama dan menitipkan amanat untuk abang. Beginilah amanat beliau: "Jagain ademu ya, jangan macem-macem disana, jaga diri" dan si abang berkata: "Oke mah, siapp *pasang muka nyengir*"
Assalamuaaikum, dan langsung buru-buru check in.
Maklum laahh, lama ga pernah nyentuh bandara jadi waktu check in agak beleng-beleng gimana gitu tapi ga malu-maluin sih.
Standby di waiting room sambil menatap ke depan bandara, ternyata eh ternyata seperti biasa yang terjadi untuk penerbangan Indonesia, delay lagi delay lagi... Lumayan satu jam nuggu delay, yang harusnya berangkat jam 5 ternyata baru berangkat stgh 7 dengan diselimuti langit mendung Balikpapan. Kecewa tp apa mau dikata, namanya juga tiket murah ya beginilah biasanya didapat. *hahaha*

Tiba juga nomer penerbangan dipanggil, dengan exciting feeling di dada, naik ke pesawat dengan pipi blushing. Menanti pulau Dewata yang di idamkan selama 45 menit, gue habiskan untuk tidur, karena percuma juga mau ngeliat keadaan luar, toh gelap hitam gulita yang ada. *hehe*
Udah dapat info dari mba pramugari bahwa bentar lagi akan landing di Ngurah Rai Bandara International, gue membuka mata dan mencoba menikmati kota Dewata yang bertaburan cahaya lampu saat terlihat dari atas pesawat. Masih snagat jelas terekam betapa indahnya kota itu saat menuliskan artikel ini. Amazing....

Alhamdulillah, mengucap syukur udah sampai dengan selamat di Denpasar, sambil memboyong tas ransel putih yang besar dan berat, gue berjalan menuju bagasi untuk ngambil tas si abang. Untungnya ga pake lama, tas ransel biru hitam abang udah keliatan. Langsung keluar dari pintu kedatangan domestik, disambut dengan puluhan orang yang bawa kertas bertuliskan nama tamu mereka serta hidung kedatangan aroma yang jarang ditemui di Balikpapan, yaaa.. bisa ketebak lah apaaa itu... yapp.. Dupa dan Bertabur bunga di sisi jalan dan di setiap money changer. Rindu akan suasana ini yang udah lama banget ga hinggap di otak.
Gue lagi sibuk nikmatin suasana bandara Bali, si abang sibuk ngubungin Rent Car yang udah dia booking dari Balikpapan. Yapp, Laju Bali Rent Car yang abang pilih.

Ternyata si blii (nama panggilan khas utk org Bali) udah nunggu di Solaria dari jam 5 sore. Sedangkan saat itu jarum panjang jam lagi nongkrong di angka 8. Maapkeun yah blii.. heee,, setelah ngelengkapin formulir dan jaminkan SIM C abang, kita pun bersiap menjelajahi kota Bali dengan Karimun Estilo yang kita sewa 175idr /day, kertas hasil brwosingan dan GPS.
Tujuan pertama yang kita tuju adalah Jalan Poppies, karena disanalah target abang untuk menginap. Setelah muter-muter karena GPS yang masih manual dan banyak One Way yang ga kebaca di peta, jadilah kita muter-muter, menulusuri jalan kecil sekitaran Kuta untuk dapetin penginapan. Ternyata lumayan susah nyari penginapan yang ada Car Parking Area, jadilah kita nginap di Hotel Barong Bali yang ada di Poppies 2, karena udah terlalu lelah dan menyerah untuk menjelajah lagi. Bagi kantong backpackers elite kadang kere seperti kami ini, untuk ngerogoh kocek 250idr /night itu lumayan mahal untuk ngebuang liur. Daripada baut pinggang lepasan di jalan dan bikin repot, akhirnya kita check in aja di hotel itu. Menelusuri jalan menuju kamar bertemankan aroma dupa, teryata fasilitas disana lumayan oke,,, ada Swimming Pool, Mini Bar, Stage dan kamarnya pun sesuai lah dengan harga yang dirogoh. Kasur empuk dengan bantal tanpa guling, TV, Mini Kulkas, Bathroom with Hot and Cold water. Sepertinya harus membiasakan diri tidur tanpa guling. --"

Si abang lagi asik ngutak ngatik hapenya dan gue asik meluruskan pinggang dikamar smbil nnton OVJ, ternyata si abang udah bisa download GPS otomatis, yang bisa nunjukin arahnya pake suara. Jadi ga perlu takut untuk nyasar atau salah jalan. Karena setelah di coba, GPS ini bisa tau mana One Way, mana SPBU, mana putaran dan kalopun kita keterusan, dia bakal buat perhitungan baru. Luar biasa yaa..
Udah beres masalah GPS, sekarang masalah perut yang lagi konser. Keluar hotel bareng abang, jalan beberapa menit langsung ketemu Monumen Bom Bali. Selama perjalanan keluar jalan Poppies, dihiasi di sisi jalan orang yang menjual Magic Mushroom. Apa itu??? Monggo di cari di google karena kita belum nyoba. :)
Nyampe di Monumen Bom Bali, langsung aja gue minta abang poto. *hehehe*

Udah asik jalan-jalan dan poto-poto, dan ngisi perut yang udah konser, akhirnya balik ke hotel untuk menlanjutkan esok hari. Ga pake deh clubbing atau belanja. Karena emang ga hobi dan capek. *hahaha* Padahal disepanjang jalan Kuta banyak banget Pub yang udah siapp digoyang. *hahha* Ada penampakannya loh..

Paginya ternyata kota Bali dihiasi hujan, tp untungnya rintik doang. Kerasa banget dehh, suasana pagi dan malam yang kebalik dengan Balikpapan. Klo pagi masi sepiiiiiii sedangkan malam para zombie udh pada keluar dari sangkarnya (re: bule). Subuh-subuh uda dibangunin abang untuk mandi karena hari pertama itu kita bakal menempuh jalan yang cukup jauh. Betapa malasnya diriku untuk mandi subuh walaupun ada air angetnya, alhasil gue main suit-suitan gunting batu kertas ala anak SD, siapa yang kalah itu yang mandi dluan, ternyataaa, gue menanggg. Histeris, smbil tarik selimut lagi. *hahaha* Dengan muka betenya, abang males-malesan jalan ke kamar mandi. *hehehe* Udah kelar semua mandi, waktunya kita cussss..
Check out dari hotel dan tujuan kita di 1-day yaitu Ubud, Pura Tirta Empul, Kintamani, Ulun Danu dan Tanah Lot.
Pagi-pagi liatin ubud dengan pemandangan hijau dari sawah yang membentang, banyak pasar yang jualan souvenir dan penduduk sekitar yang lagi upacara.

Setelah puas foto-foto di ubud, sekalian jalan kita mampir ke Tampak Siring, dimana tempat Istana Kepresidenan ada disana. Gabisa masuk sih, tapi cukup tau lah yaaaa.. *hehehe*

Setelah ituuu,, abang menginjakkan gas nya ke Pura Tirta Empul, dimana katanya disana adalah tempat pemandian  yang dipercaya orang sekitar dapat menyembuhkan. Ada kolam ikan koinya jugaa, trus patung Ghanesa sepertinya yang gedee bangetttt. Berhasil cuci muka di kolam tersebut dan nyelup-nyelupin kaki disana, karna emang harinya panass bangettt,, pas nyelupin kaki dan cuci muka disana segernyaaa bukan maiiinnnnn. Jossss banget dahhh..

Abis nyegerin muka di Pura Tirta Empul, abang memang merencanakan untuk makan siang di Kintamani. Perfectttt,, kita Lunch sambil mandangin Gunung Kintamani yang tepat ada di depan kitaaa.. Gorgeous Place menn \m/...
Sejuknya suasana pegunungan bikin kita betah bangett ada disanaa.

Udah puas mandangin pegunungan dan danau yang gue lupa namanya, abang ngajakin untuk pergi ke Pura Ulun Danu. Perjalan yang cukup jauhhh, perubahan cuaca dari panas ke hujan dan panas lagi hujan lagi bikin kita patah semangat, tp mikir tujuan awal kita untuk menaklukan ke sok tau an kita dengan berpegang teguh pada GPS, sempat nyasar dan lagi-lagi fungsi sang mulut sangat dibutuhkan (re: nanya orang sekitar, LOL :)) ) maka akhirnya sampailah pada tujuan yang di dambakan. Sambil muka isengnya, dia nyuruh gue untuk mandangin gambar dibelakang pahlawan yang ada di uang 50rb-an. Ternyata, yang gue datangin saat ini adalah gambar yang ada di uang 50rb-an yang gue pegang. Awesome place guyssss ! Walaupun jauuuuuhhh,,, tp ga pernah nyesel untuk datang ke tempat ini..

Puas mandangin view yang keren abisss, abang ngajakin balik untuk ngelanjutin ke Tanah Lot. Sebelumnya, gue udah pernah kesana breng keluarga bbrapa tahun yang lampau, dan skrg gue pengen liat perbedaan yang pasti banyak bgt berubahnya. Dengan cuaca mendung, gue khawatir sampe disana, ujan menghampiri. Setelah menghabiskan berjam-jam akhirnya sampai di parkiran Tanah Lot. Beberapa langkah meninggalkan parkiran, ternyata benar, sang hujan menggagalkan rencana kami. Hujan deras  seketika mengguyur Tanah Lot di sore hari. Akhirnya kacaulah rencana sore itu, cuman bisa ada di parkiran  smpe jam 6 sore, ternyata hujan semakin deras. Yasudahlah, kami menyerah dan meninggalkan tempat itu dengan muka mesem kami.

Pulang mencari tempat penginapan baru dengan suasana hujan deras untuk daerah Bali dan sekitarnya yang berhasil membuat jalanannya banjir, kami kebingungan untuk mencari tempat menginap lg. Karena eh karena, view nya yang kabut banget jd buat kita gabisa liat jelas untuk penginapan atau hotel disnah.
Karna kebutuhan perut yang gabisa ditunda lg, nyangkutlah di KFC Drive thru, the Last Choice which we had.

Muter-muter, nelponin penginapan yang didapat dari google, akhirnya nemu juga dimana tempat buang liur di malam ke dua. Sampe dengan gocek yang lebih murah, akhirnya smpe juga buat tmpat istirahat kami. Makan dan kemudian turuuuuuu. Capek tenan reekk.. Ngumpulin tenaga buat prepare ke Looooombooooookkkk..

Pagi dataaaannggg,,
Waktunya cari sarapan dulu biar bisa nge-gas lebih jauuuuuuhh lagi ke seberang pulau. Ternyata eh ternyata,, gue kangen banget sarapan nasi kuning di Balikpapan, soalnya dibali kalo pagi rata-rata pada jual bunga. Serasa kayak Susana gtu klo sarapan bunga.
Yasudahlah, lagi-lagi mentok di Mcd Drive Thru buat breakfast. Secangkir kopi, air mineral dan dua cheese burger ganjel banget deh pagi itu. Sambil nyarapan, kita ngabisin pagi itu di pantai sanur.
Woaaahhh,, bahagianya sarapan Mcd doang tp viewnya gunung dan pantaiiiiii...

Setelah ngabisin sarapan terbaik, kita langsung pergi ke daerah Kerthagosa. Disana terdapat candi dan museum peninggalan sejarah dari Bali. Butuh perjuangan banget untuk sampe sana.. Lagi lagi harus muter-muter, keliling keliling nyasar nyasar secara di Bali punya banyak candi, sampe kita bingung mana candi yang mau kita tuju. Ga pantang menyerah, setelah muter-muter itu tempat lima putaran, ternyata mata kita dibutakan. Padahal, itu candi ada di tengah tengah jalan. hahaha..  Cape, mumett,, tapi puasssssssssshhhh..
Berikut penampakannya..

Dikelilingi kolam

Di atapnya terdapat pahat berwarna yang menggambarkan sebuah cerita

Ketika masuk ke museum, kita disuguhkan alunan musik Bali oleh seniman Bali

Setalah puas muter-muter, kita harus secepatnya menuju ke Padang Bai. Karena perjalanan ke Padang Bae nama pelabuhan penyebrangan ke Lombok cukup lumayan jauhhhhh ditempuh, kita harus buru-buru ngejar waktu karena takut kesorean sampe Lombok.
Jauuuuhhhh,,, panjaaaaannggg,, dan luruuuussssss akhirnya sampai di padang bai. Sampai di padang bai, sewaan mobil harus dibalikin karena sekarang rental mobil jarang ada yang mau nyewain mobilnya sampe nyebrang pulau. Karena, rawan pencurian. Lagian juga untuk nyebrang pake mobil pribadi cukup mahal,, jadi mending beli tiket perorangan aja walaupun harus bawa ransel yang berat dan barang lainnya. Karena kita sama sekali gak ada yang pake koper. Semua ala bagpacker.

Beli tiket pada tempat yang resmi karena takut ditipu, dan Alhamdulillah lagi, orang-orang baik selalu bersama kami. Pihak pelabuhan membantu kami mengarahkan pada kapal yang kami maksud, dan beruntungnya, ga perlu nunggu lama, kapal langsung berangkat. Sampai jumpaa 4 jam kemudian di daraaaattttt. *siapinplastikmuntah*

Setelah 4 jam menikamati tarian air, akhirnya sampai di Pelabuhan Lembar. Pelabuhan di Lombok setelah dari Bali. Sampai sana kita sudah ditunggu sama mas yang bakal nyewain mobil ke kita. Susah susah gampang buat dapatin mobil tanpa driver, tp untungnya dapat nih 1 mas baik di lombok yang mau nyewain mobilnya untuk kita setir sendiri. Karena selain abang pernah di Lombok dan tau jalan, itu salah satu trik kami untuk menghemat dana liburan kami.
Sampai di mataram, nganterin mas rental balik sampe rumah dan lanjut kita terusin sampe daerah Cakranegara untuk nyari penginapan karena disana tempat terbaik buat nyari penginapan. Karena di tengah kota dan mudah di akses kemana aja.
Sampai di penginapan jam 8 malam, bersih-bersihin badan setelah perjalanan jauh trus lanjut cari makan.
Cukup jalan kaki keluar gang penginapan sebentar dan *taraaaaaa* ramee penjual kaki lima yang nawarin makanan. Dapat referensi buat ngerasain plecing kangkung lombok dan ternyataaaa, kita JATUH CINTA bangeettt sama makanan satu ini. Sumpaahhh,, enakkkkkk..

Nikmatin plecing kangkung dengan ikan laut goreng yang lumayan gede dan dengan harga murraaaaaahhh rasaa restorann dan diiringi pengamen rasanya malam di Lombok that time was Beautifull...
Udah puas dan kenyang balik ke penginapan buat start hari esok..

Pagi yang cerah di Lombok buat kita bersemangat menuju Tanjung Aan,, yippieeeee..
Walaupun butuh perjuangan karena masuk yang cukup jauh dan jalan yang masih rusak butuh perjuangan kesana.
Yang spesial di pantai ini, pantainya yang indah, bukitnya yang menjulang tinggi dan yang spesial lagiiiiii,, pasirnya yang besarnya seperti ketumbarrr.. Yapppp, gedeee gede tapi haluuuss bangetttt..

Setelah bermain air dipantai dengan air yang cukup segarr, kami melanjutkan kembali ke pantai Senggigi.. Perubahan cuaca dari cerah ke hujan buat gue langsung ag enak badan. Karena jarak yang cukup jauh, dan kemungkinan masuk angin tp tetap pantang menyerah deh liburan kali ini. Tetap nekat ke Pantai senggigi walau harus dobel jaket.

Langit cukup mendung, dan disertai rintik hujan

Rencana mau buat tattoo gagal karena sepertinya akan hujan, buru buru masuk mobil trus lanjut untuk ke air terjun Sendang Gile. Perjalanan yang ditempuh superrrr duperrrrrr jauuuuhhnyaaaa.. Dari hujaan, ke panass, hujann lagiii, panasss lagiii, hujaan lagii, dan sempet ga percaya sama GPS karena berasa ga nyampe nyampe tapi ternyata emang tempatnya jauhhhh di ujunggggggg. Ga percayaaa.. Nihh buktinyaaaaaa...

Sampai disanaa, akhirnya terbayarkan dengan indahnya air terjun ini.. Dan sekali lagi PERJUANGAN dan PANTANG MENYERAH.. Setelah menuruni anak tangga yang cukupp banyaakkkkk, inilah yang kami dapatkaann..

Sendang Gile Waterfall

Ga berani turun kebawah, karena air lumayan dingin, gue aja musti pake jaket lagi dan lagi.
Ternyata udah sore, dan kita harus balik biar ga kemaleman dijalan. Karena emang jauh pake banget. Perjuangan lagi deh buat naikin anak tangga, ga kuat, nyerah, cape, kedinginan, entahlah lemes,, berasa mau pingsan.. Tapi, lagi lagi abang ngeledekin, dan mau ga mau semangat lagi biar kuat naik tangganya. yaappp,, walaupun dengan muka pucat..

Berhasil naik dan langsung cari penginapan lagiii untuk istirahat sebelum besok pagi kita harus ke Pelabuhan Lembar buat nyebrang ke Gilis..